Langsung ke konten utama

Open Source



Open Source





Pengertian open source

Open source adalah suatu istilah yang digunakan untuk software (perangkat lunak) yang membuka atau membebaskan source codenya dapat dilihat oleh pengunanya, dan membiarkan penggunanya dapat melihat bagaimana cara kerja dari software tersebut serta penggunanya juga dapat memperbaiki atau mengembangkan software tersebut menjadi lebih baik lagi.
Kelebihan dan Kekurangan Open Source

Kelebihan Open Source
Ada banyak manfaat positif yang bisa kita peroleh dengan menggunakan Open Source, diantaranya :

Kreativitas
Dengan Open Source kita bisa mempelajari cara kerja suatu perangkat lunak, memodifikasinya, bahkan membuat produk baru dari sumber yang ada.

Kemandirian
Kita tidak perlu lagi tergantung pada suatu produk tertentu, bahkan dengan Open Source kita bisa membuat produk yang sekelas dengan perusahaan berskala raksasa seperti Microsoft.

Penghematan
Berapa banyak waktu yang kita sia-siakan untuk berurusan dengan virus komputer di sistem closed source. Dengan menggunakan sistem operasi Open Source seperti 3D OS kita tidak perlu membuang waktu lagi berurusan dengan virus komputer.

Hemat Biaya
Berapa banyak biaya yang perlu kita keluarkan untuk pembelian suatu produk proprietary seperti Windows, Photoshop, MS Office dan lain-lainnya.

Hemat Devisa
Berapa banyak devisa negara yang harus lari keluar negeri jika kita terus menggunakan produk proprietary.

Legalitas
Open Source memungkinkan kita untuk tidak lagi menggunakan milik orang lain secara tidak sah atau dengan kata lain kita tidak perlu lagi menjadi pencuri.

Meningkatkan Citra Negara
Tahukah Anda bahwa pembajakan menjadikan citra negara menurun ? Dan ini secara tidak langsung membawa akibat buruk pada hubungan dagang dengan luar negeri.

Kekurangan Open Source
Disamping banyak keuntungan diatas, open source juga memiliki beberapa kerugian, yaitu :

Kurangnya SDM yang dapat memanfaatkan open source
Ketersediaan source code yang diberikan dapat menjadi sia-sia, jika SDM yang ada tidak dapat menggunakannya.

Tidak adanya proteksi terhadap HaKI
Kebanyakan orang masih menganggap bahwa open source merupakan aset yang harus dijaga kerahasiannya.

Tidak ada garansi dari pengembangan
Limitasi modifikasi oleh orang – orang tertentu yang membuat atau memodifikasi sebelumnya. Untuk beberapa platform.

Kesulitan dalam mengetahui status project.

Tidak ada garansi dari pengembangan.
Limitasi modifikasi oleh orang – orang tertentu yang membuat atau memodifikasi sebelumnya.
Dapat menimbulkan resiko kurangnya diferensiasi antara satu software dengan yang lain, apabila kebetulan menggunakan beberapa Open Source yang sama

Macam-macam lisensi software komputer
Menurut Microsoft dalam “The Hallowen Document”, terdapat beberapa jenis lisensi yang dapat digunakan untuk program komputer. Beberapa jenis lisensi tersebut antara lain adalah:

Lisensi Commercial
adalah jenis lisensi yang biasa ditemui pada perangkat lunak seperti Microsoft dengan Windows dan Officenya, Lotus, Oracle dan lain sebagainya. Software yang diciptakan dengan lisensi ini memang dibuat untuk kepentingan komersial sehingga user yang ingin menggunakannya harus membeli atau mendapatkan izin penggunaan dari pemegang hak cipta.

Lisensi Trial Software
adalah jenis lisensi yang biasa ditemui pada software untuk keperluan demo dari sebuah software sebelum diluncurkan ke masyarakat atau biasanya sudah diluncurkan tetapi memiliki batas masa aktif. Lisensi ini mengizinkan pengguna untuk menggunakan, menyalin atau menggandakan software tersebut secara bebas. Namun karena bersifat demo, seringkali software dengan lisensi ini tidak memiliki fungsi dan fasilitas selengkap versi komersialnya. Dan biasanya dibatasi oleh masa aktif tertentu.

Lisensi Non Commercial Use
biasanya diperuntukkan untuk kalangan pendidikan atau yayasan tertentu dibidang sosial. Sifatnya yang tidak komersial, biasanya gratis tetapi dengan batasan penggunaan tertentu.

Lisensi Shareware
mengizinkan pemakainya untuk menggunakan, menyalin atau menggandakan tanpa harus meminta izin pemegang hak cipta. Berbeda dengan Trial Software, lisensi ini tidak dibatasi oleh batas waktu masa aktif dan memiliki fitur yang lengkap. Lisensi jenis ini biasanya ditemui pada software perusahaan kecil.

Lisensi Freeware
biasanya ditemui pada software yang bersifat mendukung, memberikan fasilitas tambahan atau memang free/gratis. Contoh yang bersifat mendukung antara lain adalah plug-in tambahan yang biasanya menempel pada software induk seperti Eye Candy yang menempel pada Adobe Photoshop.

Lisensi Royalty-Free Binaries
serupa dengan lisensi freeware, hanya saja produk yang ditawarkan adalah library yang berfungsi melengkapi software yang sudah ada dan bukan merupakan suatu software yang berdiri sendiri.

Lisensi Open Source
membebaskan usernya untuk menjalankan, menggandakan, menyebarluaskan, mempelajari, mengubah, dan meningkatkan kinerja software. Berbagai jenis lisensi open source berkembang sesuai dengan kebutuhan, misalnya GNU/GPL, The FreeBSD, The MPL. Jenis-jenis software yang memakai lisensi ini misalnya Linux, sendmail, apache dan FreeBSD.

Contoh software open source

1.Mozilla Firefox

Mozilla Firefox ialah suatu software browser yang bersifat open source. Yang pastinya hampir banyak orang yang sudah mengetahui software tersebut. Anda juga dapat memodifikasi kode sumber program Firefox sesuai dengan kebutuhan Anda. Software ini sangat ringan untuk digunakan browsing atau streaming. Anda juga bisa bergabung  untuk membantu  Mozilla ditautkan ini http://www.mozilla.org/contribute/

Lihat lisensi Mozilla dilink ini http://www.mozilla.org/MPL/

2. Gimp
Gimp juga merupakan software gratis yang juga berbasis open source, disoftware ini bisa anda gunakan sebagai Software Alternatif pengganti Photoshop yaitu sebagai Pengedit Foto. Dari pada anda menggunakan software bajakan Lebih baik Yang Gratis Bukan.
 Selain itu Gimp juga tidak kalah canggih dengan Adobe Photoshop. Karena software ini juga mampu mengedit foto dengan sebagus mungkin. Anda bisa melihat Lisensinya DItautan berikut http://www.gnu.org/licenses/.

3.Blender

Blender adalah software Graphic yang sangat keren, anda bisa membuat Graphic keren dan indah. Anda bisa membuat karakter Pohon, Gua, batu atau yang lainnya. Blender menjadi sangat ngetren karena kemampuannya yang sangat fenomenal apalagi software ini gratis.

4.Linux (ubuntu, debian,  open suse, slackware, backtrack, mint)
Linux adalah software sistem operasi komputer yang sudah sangat terkenal apalagi karena kecanggihannya dalam Hal server sistem ini berbasis open source jadi anda bisa

5. MyPaint
MyPaint merupakan salah satu software yang digunakan untuk edit foto, software mypaint sering digunakan untuk membuat grafik atau gambar. Software ini hampir sama dengan melalukan pekerjaan melukis bedanya disini anda hanya memerlukan komputer dan cat yang tersedia pun sangatlah banyak. Mypaint bersifat open source, jadi anda bisa mengetahui kode sumber pada software tersebut.


6.Vlc
Pemutar media merupakan salah satu software yang sangat penting yang ada didalam komputer. Karena jika tidak ada pemutar media maka komputer kamu tidak bisa memutar berbagai file seperti Video berformat Mp4, 3Gp, Avi, dan Rekaman suara berjenis Mp3 atau yang lainnya. Nah, jika anda ingin tahu bahwa Vlc ini juga merupakan salah satu software Pemutar Media Gratis yang bersifat open source.

7. LibreOffice
LibreOffice adalah suatu software yang Fungsinya sangat mirip dengan Microsoft Office akan tetapi LibreOffice disini bersifat gratis dan open source.

8. OpenOffice
OpenOffice juga Hampir sama dengan software Office Yang lainnya, Open Office sangat bagus dan Gratis bagi anda untuk digunakan, software OpenOffice bisa digunakan sebagai Alternatif Microsoft Office yang Berbayar. Selagi gratis dan Open source ada baiknya anda menggunakannya.

9. InkScape
Software ini sangat keren dan baik digunakan untuk anda apabila anda adalah seorang yang sangat suka dengan membuat Gambar pada Komputer (Design). InkScape juga merupakan software alternatif selain Corel Draw yang merupakan software berbayar. Selain Gratis InkScape juga Open Source.

10. Digikam
Anda bisa mengedit foto dengan software yang satu ini, Walau namanya kurang Populer akan tetapi tidak ada salahnya anda menggunakan  software yang satu ini.




sumber:


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONVERSI BILANGAN DESIMAL, BINER, OKTAL DAN HEXADESIMAL

KONVERSI BILANGAN 1. Konversi Bilangan Biner ke Desimal, Desimal ke Biner Bilangan biner adalah bilangan yang hanya menggunakan dua angka yaitu 0 dan 1. Bilangan biner merupakan bilangan berbasis 2. Setiap Bilangan biner disebut bit, 1 bit = 8 byte. contoh 0000 0001 Bilangan Desimal adalah bilangan yang menggunakan 10 angka mulai dari angka 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9. Bilangan desimal merupakan bilangan berbasis 10. Konversi Bilangan Desimal ke Biner Contoh berapa bilangan biner dari bilangan desimal berikut, karena bilangan biner adalah bilangan berbasis 2 maka cara mudahnya adalah  : Berapa bilangan desimal 16 jika dibinerkan, 16 : 2 = 8 sisa 0 8  : 2 = 4 sisa 0 4 : 2 = 2 sisa 0 2 : 2 = 1 sisa 0 hasilnya adalah 10000 Konversi Bilangan Biner ke Desimal Sebagai contoh untuk konversi bilangan biner ke desimal. Contoh 10000 = (1 x 2^4)+(0 x 2^3)+(0x 2^2)+(0x2^1)+(0x2^0) = 16 2.  Konversi Bilangan Oktal ke Desimal, Desimal ke Oktal Sistem

Pendapat Saya Tentang Komputer di masa depan

Pendapat Komputer di masa depan komputer sekarang ini telah mencapai generasi yang 5 atau mungkin lebih, dan hal tersebut telah mengubah spesifikasi komputer yang tadinya sangat besar dan menggunakan daya yang sangat besar kini komputer berukurang kecil dan ringan seperti contoh laptop,tablet,notebook,dll. kemungkin untuk kedepan komputer akan mengalamai perubahan prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang dan tentunya akan lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia. Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia. Kelebihan lainnya lagi, kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa berkomunikasi langsung dengan manusia, dan bentuknya semakin kecil. Yang jelas komputer masa depan akan lebih menakjubkanIbaratnya manusia, komputer masa depan akan memiliki kecerdasan luar biasa ditambah dengan pan

Electronic Workbench

CARA MENGHITUNG KUAT ARUS  MENGGUNAKAN EWB 1.       Buka aplikasi electronic workbench Dengan cara klik start -> all programs -> electronic workbench Keterangan gambar : No. 1 :  Sources Berisi komponen-komponen berbagai sumber tegangan listrik, sumber arus, ground, dan lain-lain. No. 2 :  Basic Berisi komponen-komponen listrik seperti resistor, kapasitor, induktor, dan lain-lain. No. 3 :  Diodes Berisi komponen-komponen listrik penyearah tegangan berisi berbagai macam dioda. No. 4 :  Instruments Berisi komponen-komponen alat pengukur listrik seperti multimeter, osiloskop dan lain-lain. No. 5 :  Activate Simulation Komponen yang berfungsi sebagai tombol start dan stop simulasi. 2.       Lalu klik pada komponen sehingga muncul sub seperti pada gambar di bawah ini, lalu klik resistor dangeser (drag) komponen tersebut kedalam lembar kerja (worksheet) 3.       Jika ingin mengedit, yakni mencopy, menghapus, memutar pos